Kamis, 16 Mei 2013

Mari Kita Sholat

Kamis malam 16 Mei 2013, saya mengikuti pengajian di masjid dekat rumah. Seperti biasa yang memimpin pengajian itu adalah ustad Drs. Achmad Sobari. Seteah membaca yasin tahlil dan tahmid beliau lantas berkultum. Isi kultum tersebut ialah mengenai keistimewaan Sholat subuh sholat ashar. Tetapi yang menjadi perhatian dari kultum ini adalah kalimat-kalimat terakhir yang beliau lontarkan. Beliau berkata yang ada diadalam Al-Qur'an. "Sholat itu adalah tiang agama (Islam) maka barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama (Islam) itu dan barangsiapa merobohkannya maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu."

Kalimat yang selalu ia katakan entah berapa kali ia ucapkan dalam pengajian remaja masjid, kultum menjelang tarawih dan kuliah subuh, yang juga dikutip dari perkataan seorang ulama pada masa orde baru. Begini kalimatnya, " Islam di Indonesia tidak akan hancur oleh orang lain (dalam hal ini adalah agama lain. re: yahudi, nasrani). Tetapi Islam di di Indonesia akan hancur oleh agama islam itu sendiri.
Dari Firman Allah tentang Sholat dan perkataan seorang ulama tersebut timbul lah sebuah keselarasan. Dimana pondasi agama Islam akan kokoh bila umat islam itu sendiri mengerjakan sholat. Pondasi yang kokoh tentu saja sulit untuk dirobohkan. Begitu pula sebaliknya, bila kita tidak pernah mendirikan sholat maka pondasi agama itu mudah roboh dan hancur.

Sebuah kejadian yang sangat menyedihkan terjadi di Indonesia saat ini. Banyak WNI yang beragama islam yang lebih mementingkan kehidupan duniawi. Mereka dimanjakan dengan acara-acara televisi, permainan di internet, dan banyak lainnya. Hal-hal tersebutlah yang membuat mereka lupa akan kewajiban sholat. Tiap malam minggu mereka berkumpul dengan rekan sesama geng motor yang saat ini merajalela, bukan berkumpul di masjid. Padahal bagi kaum muda mereka yang dirindukan surga adalah mereka yang meramaikan mesjid (dengan beribadah tentunya). Membuat keislaman mereka dipertanyakan. Ia Islam tapi jarang Shalat.

Mungkin inilah jawaban atas kemunduran bahkan mendekati kehancuran bangsa Indonesia saat ini. Bangsa yang mayoritas warganya adalah beragama islam. Dari saya, marilah kita menjaga agama islam kita dengan mendirikan sholat. Saling mengingat pada kebaikan. Agar negara ini dan agama islam menjadi rahmatan lil 'alamin. Aammiin.

"Tidak ada yang salah dari perkataan yang benar"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar